Jumat, 22 Juli 2011

ASUHAN KEPERAWATAN GAGAL GINJAL KRONIK

A. Latar Belakang
Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh dan berfungsi untuk membuang sampah metabolisme dan racun tubuh dalam bentuk urin, yang kemudian dikeluarkan dari tubuh.  Tetapi pada kondisi tertentu karena adanya gangguan pada ginjal, fungsi tersebut akan berubah.  Gagal ginjal kronik biasanya terjadi secara perlahan-lahan sehingga biasanya diketahui setelah jatuh dalam kondisi parah.  Gagal ginjal kronik tidak dapat disembuhkan.  Gagal ginjal kronik dapat terjadi pada semua umur dan semua tingkat sosial ekonomi.  Pada penderita gagal ginjal kronik, kemungkinan terjadinya kematian sebesar 85 %.
Melihat kondisi seperti tersebut di atas,  maka perawat harus dapat mendeteksi secara dini tanda dan gejala klien dengan gagal ginjal kronik.  Sehingga dapat memberikan asuhan keperawatan secara komprehensip pada klien anak dengan gagal ginjal kronik.


B. Tujuan 
Dapat memberikan asuhan keperawatan pada anak dengan gagal ginjal kronik.











BAB II
TINJAUAN TEORI


A. Definisi
Gagal ginjal kronik adalah penyakit ginjal tahap akhir dimana ginjal tidak mampu mempertahankan komposisi kimiawi cairan tubuh dalam batas normal.
(Wong, 2004)
Gagal ginjal kronik merupakan gangguan fungsi renal yang progresif dan irreversible dimana kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit, menyebabkan uremia (retensi urea dan sampah nitrogen lain dalam darah).                                                                                       
(Brunner & Suddarth, 2001)

B. Etiologi
1. Diabetes melitus
2. Glumerulonefritis kronis
3. Pielonefritis
4. Hipertensi yang tidak dapat dikontrol
5. Obstruksi saluran kemih
6. Lesi herediter (seperti : penyaklit ginjal polikistik, gangguan vaskuler, infeksi, medikasi, atau agen toksik)
7. Lingkungan dan agen berbahaya (timah, kadmium, kromium, dan merkuri)
(Brunner & Suddarth, 2001)

C. Tanda dan Gejala
1. Umum :  malaise, debil, letargi, tremor, mengantuk, koma.
2. Kulit :  pucat, mudah lecet, pruritus, ekimosis, kuku tipis dan rapuh, rambut tipis dan kasar, leukonikia, warna kulit abu-abu mengkilat, kulit kering bersisik.
3. Mulut :  lidah kering dan berselaput, fetor uremia, ulserasi dan perdarahan pada mulut
4. Mata :  mata merah.
5. Kardiovaskuler :  hipertensi, kelebihan cairan, gagal jantung, pericarditis, pitting edema, edema periorbital, pembesaran vena jugularis, friction rub perikardial.
6. Respiratori : heperventilasi, asidosis, edema paru, efusi pleura, krekels, napas dangkal, kussmaul, sputum kental dan liat.
7. Gastrointestinal :  anorexia, nausea, gastritis, konstipasi/diare, vomitus, perdarahan saluran GI.
8. Muskuloskeletal :  kram otot, kehilangan kekuatan otot, fraktur tulang, foot drop, hiperparatiroidisme, defisiensi vit. D, gout.
9. Genitourinari : amenore, atropi testis, penurunan libido, impotensi, infertilitas, nokturia, poliuri, oliguri, haus, proteinuria,
10. Neurologi : kelemahan dan keletihan, konfusi, disorientasi, kejang, kelemahan pada tungkai, rasa panas pada telapak kaki, perubahan perilaku.
11. Hematologi :  anemia, defisiensi imun, mudah mengalami perdarahan.
(Brunner & Suddarth, 2001)

D. Pemeriksaan Diagnostik
1. Urine (Volume, Warna, Berat jenis, Osmolaritas, Klirens kreatinin, Natrium, Protein)
2. Darah (BUN, Kreatinin, Hb, Ht, Kalsium, Albumin, SDM, GDA, Natrium serum)
3. Ultrasono ginjal 
4. Endoskopi ginjal, nefroskopi 
5. EKG

E. Fokus Pengkajian
Menurut Wong, 2004 dalam Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik, fokus pengkajian pada anak dengan gagal ginjal kronik adalah :
1. Pengkajian awal
a. Lakukan pengkajian fisik rutin dengan perhatian khusus pada pengukuran parameter pertumbuhan.
b. Dapatkan riwayat kesehatan, khususnya mengenai disfungsi ginjal, perilaku makan, frekuensi infeksi, tingkat energi.
c. Observasi adanya bukti-bukti manifestasi gagal ginjal kronik.
2. Pengkajian terus menerus
a. Dapatkan riwayat untuk gejala-gejala baru atau peningkatan gejala.
b. Lakukan pengkajian fisik dengan sering, dengan perhatian khusus pada tekanan darah, tanda edema, atau disfungsi neurologis.
c. Kaki respons psikologis pada penyakit dan terapinya.
d. Bantu pada prosedur diagnostik dan pengujian (urinalisis, hitung darah lengkap, kimia darah, biopsi ginjal).

F. Fokus Intervensi
1. Kelebihan volume cairan b.d penurunan haluaran urin, diet berlebihan dan retensi cairan serta natrium.
Tujuan : mempertahankan berat tubuh ideal tanpa kelebihan cairan
Intervensí :
a. Kaji status cairan :
- Timbang berat badan harian
- Keseimbangan masukan dan haluaran
- Turgor kulit dan adanya edema
- Distensi vena leher
- Tekanan darah, denyut dan irama nadi
b. Batasi masukan cairan
c. Identifikasi sumber potensial cairan :
- Medikasi dan cairan yang digunakan untuk pengobatan (oral dan intravena)
- Makanan 
d. Jelaskan pada klien dan keluarga rasional pembatasan.
e. Bantu klien dalam menghadapi ketidaknyamanan akibat pembatasan cairan.
f. Tingkatkan dan dorong higiene oral dengan sering
(Brunner & Suddarth, 2001)

2. Perubahan nutrisi : kurang dari kebutuhan tubuh b.d anorexia, mual dan muntah, pembatasan diet, dan perubahan membran mukosa mulut.
Tujuan : mempertahankan masukan nutrisi yang adekuat.
Intervensi :
a. Kaji status nutrisi :
- Perubahan berat badan
- Pengukuran antropometrik
- Nilai laboratorium (elektrolit serum, BUN, kreatinin, protein, transferin, dan kadar besi)
b. Kaji pola diet nutrisi klien :
- Riwayat diet
- Makanan kesukaan
- Hitung kalori
c. Kaji faktor yang berperan dalam merubah masukan nutrisi :
- Anorexia, mual, dan muntah
- Diet yang tidak menyenangkan bagi klien
- Depresi
- Kurang memahami pembatasan diet
- Stomatitis 
d. Sediakan makanan kesukaan klien dalam batas-batas diet
e. Tingkatkan masukan protein yang mengandung nilai biologis tinggi : telur, produk susu, daging
f. Anjurkan cemilan tinggi kalori, rendah protein, rendah natrium di antara waktu makan
g. Ubah jadwal medikasi sehingga medikasi tidak segera diberikan sebelum makan
h. Jelaskan rasional pembatasan diet dan hubungannya dengan penyakit ginjal dan peningkatan urea dan kadar kreatinin
i. Ciptakan lingkungan yang menyenangkan selama waktu makan
j. Timbang berat badan harian
k. Kaji bukti adanya masukan protein yang tidak adekuat :
- Pembentukan edema
- Penyembuhan yang lambat
- Penurunan kadar albumin serum
(Brunner & Suddarth, 2001)
3. Intoleransi aktivitas b.d keletihan, anemia, retensi produk sampah & prosedur dialisis.
Tujuan : berpartisipasi dalam aktivitas yang dapat ditoleransi
Intervensi :
a. Kaji faktor yang menimbulkan keletihan :
b. Anemia
c. Ketidakseimbangan cairan dan elektrolit
d. Retensi produk sampah
e. Depresi 
f. Tingkatkan kemandirian dalam aktivitas perawatan diri yang dapat ditoleransi, bantu jika keletihan terjadi
g. Anjurkan aktivitas alternatif sambil istirahat
h. Anjurkan untuk beristiraha setelah dialisis
(Brunner & Suddarth, 2001)

4. Perubahan integritas kulit b.d uremia, edema
Tujuan : tidak ada pruritus, kulit hangat, utuh, turgor baik
Intervensi :
a. Kaji kulit dari kemerahan, kerusakan, memar, turgor, dan suhu
b. Jaga kulit tetap kering dan bersih
c. Beri perawatan kulit dengan lotion untuk menghindari kekeringan
d. Bantu klien untuk mengubah posisi tiap 2 jam (jika klien tirah baring)
e. Beri pelindung pada tumit dan situ
f. Tangani area edema dengan hati-hati
g. Pertahankan linen bebas dari lipatan
(Doengoes, 2000)

5. Perubahan proses keluarga b.d anak yang menderita penyakit kronis
Tujuan : klien (keluarga) menunjukkan perilaku koping yang positif.
Intervensi :
a. Bantu orang tua dalam perencanaan diet dan dukungan upaya mereka untuk menyesuaikan diet untuk memenuhi kebutuhan semua anggota keluarga.
b. Berikan bimbingan antisipasi yang berhubungan dengan kemungkinan dan kejadian yang diperkirakan, seperti gejala, diet, dan efek bobat-obatan.
c. Bantu aoang tua dalam pembuatan keputusan mengenai diálisis dan transplantasi.
d. Siapkan anak dan keluarga untuk diálisis dan/atau transplantasi ginjal.
e. Pertahankan kontak periodik dengan keluarga.
(Wong, 2004)














Daftar pustaka :
Wong, Pedoman Klinis Keperawatan Pediatrik, EGC, Jakarta, 2004

Corwin, Buku Saku Patofisiologi, EGC, Jakarta, 2001

Brunner & Suddarth, Buku Ajar Keperawatan Medikal Bedah, Vol. 2, EGC, Jakarta, 2001

Jan Tambayong, Patofisiologi untuk keperawatan, EGC, Jakarta, 2000

Doengoes, Rencana Asuhan Keperawatan, Edisi 3, EGC, Jakarta, 2000

Barbara C. Long, Perawatan Medikal Bedah, Jilid 3, YIAPK Pajajaran, Bandung, 1996

Soeparman, Ilmu Penyakit Dalam, Jilid 2, Balai Penerbit FKUI, Jakarta, 1990


ETIOLOGI
   
Jumlah nefron fungsional 
                                                                                                                                     
      Nefron yg terserang hancur         Neferon yg masih utuh
                                                                                                                                      
90% nefron hancur
   75% nefron hancur
   Adaptasi
   
Tdk dpt mengkompensasi
(ketidakseimbangan cairan elektrolit)                     
           GFR                                
(BUN & kreatinin ↗)    
   Nefron hipertropi

GFR  10% dari normal
(BUN & kreatinin ↗)
   Adaptasi 
   ↗kecepatan filtrasi, ↗beban solut, ↗reabsorpsi
   
Urine isoosmotis
   Kecepatan filtrasi & beban
solut ↗
   Keseimbangan cairan elektrolit dipertahankan
   
Kegagalan proses filtrasi
   Ketidakseimbangan dlm glomerulus & tubulus
   Fungsi ginjal rendah
Oliguri
   Poliuri, nokturi, azotemia
    cadangan ginjal
   
Uremia ↗
Insufisiensi ginjal
  
Penumpukan kristal
urea di kulit
   Gagal ginjal
  
Angiotensin ↗
   
Pruritus
   
Eritropoetin di ginjal 
   Retensi Na+
   

  
Gangguan integritas kulit
SDM 
    
Kelebihan volume cairan
Pucat, fatigue, malaise
anemia
   

Gangguan nutrisi kurang
dari kebutuhan
Intoleransi aktivitas




Perubahan proses keluarga


(Barbara C. Long, 1996, Brunner & Suddarth, 2001, Elizabeth J. Corwin, 2001, Jan Tambayong, 2000, Soeparman, 1990, Wong, 2004)

Photobucket